Tips Belanja Mingguan

Tips Belanja Mingguan

Tips Belanja Mingguan

Tips Belanja Mingguan – Peranannya ibu rumah tangga tidak bisa di sepelekan begitu saja. Karena pada hakikatnya peran sebagai seorang ibu rumah tangga itu sungguh sangat kompleks. Jika Kamu lihat dimulai dari hal-hal yang bersifat kecil sampai besar, mulai dari pagi hingga menemui pagi lagi. salah satu tugas berat dari ibu rumah tangga adalah mengatur pengeluaran kebutuhan rumah tangganya.

Di sadari atau tidak pengeluaran rumah tangga biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup yang terlalu berlebihan. Banyak tips dan cara yang telah dilakukan untuk menghemat pengeluaran khususnya belanja ibu rumah tangga. Nah pada kesempatan kali ini, kita bakal membahas bagaimana cara menghemat uang belanja mingguan.

Dewasa ini, banyak perempuan yang mengabdikan hidupnya di luar rumah. Entah bekerja sebagai tenaga kantoran atau jasa, menjadi guru dan perawat misalnya. Padahal tidak sedikit yang merangkap sebagai ibu rumah tangga. Lalu bagaimana dengan tanggung jawab mereka di rumah?

Meskipun perempuan berkarir di luar  rumah, masih banyak yang beranggapan, itu bukan tugas utama mereka. Perempuan lazim berhubungan dengan dapur. Sedangkan waktu yang dibutuhkan laki-laki maupun perempuan dalam bekerja itu sama, dari pagi hingga petang. Apakah laki-laki juga bertanggung jawab dengan dapur? Tentu saja tidak.

Sebagai perempuan, Ladies harus pandai mengatur waktu jika memutuskan untuk bekerja. Time managemen yang bagus akan mendukung kinerja di dalam maupun luar rumah lebih optimal. Salah satunya waktu untuk mempersiapkan olahan.

Sekarang memang banyak fitur aplikasi yang bisa Ladies nikmati sebagai jalan keluar masalah konsumsi. Salah satunya pesan makanan secara online. Akan tetapi, jika Ladies lebih suka mengolah makanan sendiri, tentu saja mempersiapkan bahan makanan membutuhkan waktu, bukan?

Ada banyak pilihan bagi Ladies jika ingin menghemat waktu belanja. Dengan belanja setiap minggu atau setiap bulan, misalnya. Belanja bulanan biasanya ditujukan untuk memenuhi keperluan rumah tangga yang berbentuk kering, semisal sabun dan beras. Sedangkan belanja mingguan diperuntukkan untuk bahan-bahan basah.

Bagaimana caranya mensiasati belanja mingguan agar tidak over, sehingga akan terbuang karena tidak bisa digunakan lagi? Pada dasarnya perempuan memiliki kecenderungan kalap saat belanja. Belanja menjadi waktu untuk refhressing karena menyenangkan.

Mulai Makan Makanan yang Sehat

Cara pertama yang kamu harus lakukan untuk menghemat pengeluaran kamu, tidak selalu mengenai masalah cara belanja dan kondisi keuangan saat ini. Namun, bisa juga dilihat dari bagaimana pola makan, dan perhatikan secara cermat makanan apa saja yang kamu konsumsi sekeluarga setiap harinya.

Kamu bisa memulai untuk membiasakan mengajak keluarga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, tentunya juga dengan porsi tepat dan tidak berlebih-lebihan.kebanyakan orang tidak menyadari bahwa hal semacam ini bisa berpengaruh pada investasi keuangan kamu dalam jangka waktu yang panjang. Usahakanlah agar membiasakan anak-anak kamu untuk mengkonsumi makanan yang dibuat oleh diri kamu sendiri.

Memasak dengan Porsi yang Tepat

Kamu harus mulai mengetahui seberapa banyak olahan hidangan yang cukup untuk sekeluarga. Biasakan untuk memasak secukupnya, boleh saja sesekali dilebihkan tapi jangan berlebihan juga. Jika sekamuinya masih tersisa banyak simpan kembali di kulkas, yang nantinya bisa diolah kembali menjadi hidangan makan baru yang nikmat. Misalnya saja nasi yang tidak habis semalam bisa kamu olah untuk keesokan harinya.

Buat Menu Selama Seminggu

Dengan membuat menu penuh selama satu minggu, Ladies akan tahu bahan apa saja yang dibutuhkan untuk memasak. Hal ini meminimalkan belanjaan yang berlebihan. Ladies hanya perlu membeli bahan makanan sesuai daftar. Beri juga alternatif lain, jika bahan tersebut tidak ada di lapangan. Misal, rencana goreng lele bisa dialihkan dengan nila.

Kategorikan Sayur

Hal ini dilakukan supaya bahan makanan tidak terbuang sia-sia. Ladies perlu tahu, daftar beberapa bahan yang hanya bisa bertahan dalam hitungan hari di dalam lemari pendingin. Jangan sampai bayam Ladies rencanakan untuk dimasak seminggu kemudian. Usahakan untuk awal minggu, menggunakan jenis sayuran yang mudah busuk, lalu hari-hari selanjutnya dengan sayuran yang lebih keras dan tahan lama.