Jenis Pewarna untuk Membuat Kerajinan Tangan

Jenis Pewarna untuk Membuat Kerajinan Tangan 735x400 - Jenis Pewarna untuk Membuat Kerajinan Tangan

Jenis Pewarna untuk Membuat Kerajinan Tangan, Kenali Keunggulannya!

Jenis Pewarna untuk Membuat Kerajinan Tangan – Umumnya, bahan pewarna alami sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan sebagai alternatif penggunaan bahan kimia. Pewarna alami bisa lebih aman dan praktis. Apakah kamu suka melakukan kerajinan tangan?

Tentu, kamu punya beberapa pewarna di rumah untuk mendukung hobimu ini. Memang, pewarna bisa menambah nilai estetis dari hasil kerajinan tangan kita. Tapi, apakah kamu tahu apa saja macam pewarna yang umum dipakai untuk kerajinan tangan dan bedanya? Yuk, creative-kids.info akan mengajak anda untuk cari tahu jenis pewarna untuk kerajinan tangan dan perbedaannya di sini!

Cat air dan cat akrilik

Ini juga sangat umum digunakan sebagai pewarna dekoratif kerajinan tangan. Cat air memiliki bahan dasar air sehingga hasil warnanya kurang pekat. Seperti spidol, pensil dan crayon, pewarna cat air digunakan untuk paper craft.

Cat akrilik cenderung memiliki tekstur yang lebih pekat. Gak hanya itu, cat akrilik sangat mudah kering. Oleh karena itu, pewarna ini cocok untuk media seperti kanvas, styrofoam, hingga kayu.

Pewarna tekstil

Pewarna tekstil, seperti namanya, adalah pewarna khusus untuk bahan tekstil atau kain. Oleh karena itu, pewarna ini pun kerap digunakan untuk membuat kreasi dari kain, baju bekas, dan pakaian lainnya.

Baru-baru ini, pewarna tekstil cukup populer karena kemunculan teknik tie dye dalam kreasi menghias baju. Teknik ikat dan celup ini mampu menghasilkan warna yang cantik dalam kain polos secara sederhana.

Pewarna Alami Juga Lebih Menarik dan Terlihat Nikmat Saat Sudah Jadi

Pensil, spidol, dan krayon warna

Pensil, spidol, atau krayon adalah alat pewarna yang umum dipakai untuk menggambar. Pewarna ini pun menjadi pewarna paling sederhana untuk menambah nilai estetika kerajinan tangan. Umumnya, pewarna ini digunakan untuk melakukan paper craft (kreasi dari kertas).

Penggunaan alat warna ini sangatlah mudah dan dapat dijangkau di mana saja. Oleh karena itu, pewarna ini kerap digunakan oleh anak-anak dalam membuat kerajinan tangan.

Cat semprot (pylox)

Pewarna selanjutnya adalah cat semprot atau kerap disebut pylox. Pewarna ini ditampung dalam kaleng dan diaplikasikan dengan cara disemprot. Cat ini merupakan modifikasi dari cat akrilik dengan daya lekat yang kuat dan hasil warna yang mengilap.

Cat semprot bisa digunakan untuk kreasi apa saja. Namun, pewarna ini umum digunakan untuk mewarnai bahan-bahan padat seperti dinding, kayu, hingga besi.

Cat kuku

Cat kuku memang adalah pewarna untuk mempercantik kuku kita. Namun, pewarna ini ternyata juga sering digunakan dalam dunia kerajinan tangan lho! Pasalnya, bahan khusus cat kuku mampu menghasilkan warna pekat dan mengilap yang estetis banget.

Pewarna cat kuku juga cocok untuk diaplikasikan di mana saja. Namun, pewarna ini akan terlihat sangat cocok di media yang juga mengilap seperti keramik atau besi.

Itulah jenis pewarna untuk kerajinan tangan. Manakah pewarna andalanmu?