Langkah Meal Preparation

Langkah Meal Preparation

Langkah Meal Preparation, Mulai Belanja Hingga Menyimpan Makanan

Langkah Meal Preparation – Istilah meal prep belakangan ini mulai populer. Secara harafiah meal prep merupakan singkatan dari meal preparation atau yang dalam bahasa Indonesia berati mempersiapkan makanan. Pernah gak mengalami sudah belanja ini itu, eh ternyata malah gak habis dan ujung-ujungnya malah kebuang?

Kalau pernah mengalaminya, kamu perlu mempersiapkan sejak awal sebelum belanja. Gak ada belanjaan makanan yang terbuang, juga mencegah untuk belanja di luar keperluan. Bahan makanan yang kamu beli akan lebih awet dan sesuai kebutuhan. Gak akan ada lagi sisa makanan yang terbuang.

Untuk memulainya, kamu perlu menentukan menu apa yang akan kamu masak terlebih dahulu. Selanjutnya, cal-graf.com melihat daftarnya di bawah.

Buat daftar belanja

Setelah selesai menyusun menu, saatnya menyusun daftar belanja. Cek juga bahan makanan kering yang masih tersisa di rumah, supaya kamu gak perlu beli lagi. Beli sesuai kebutuhan dan porsi yang pengin kamu sajikan.

Kalau kamu tinggal sendiri, untuk membeli buah bisa ke supermarket karena boleh membeli satuan. Untuk bumbu dan beberapa bahan kering lainnya, jika di tempat tinggalmu ada bulkstore bisa coba ke sana. Di sana kamu bisa membeli bahan makanan meskipun hanya satu sendok saja.

Membuat daftar belanja bertujuan agar kamu gak melupakan apa yang harus dibeli dan menghindari impulsive buying. Jangan sampai membeli barang di luar daftar belanja, ya. Ini juga bisa memperkirakan pengeluaran kamu.

Mengeringkan buah dan sayur

Membumbui, mencuci, dan memotong sudah. Sekarang kamu perlu mengeringkannya. Untuk buah mungkin gak perlu waktu lama untuk mengeringkannya, kalau sayur kamu perlu teknik khusus. Setelah memotong dan mencucinya, kamu wajib banget mengeringkannya hingga benar-benar gak ada air pada batang dan daun sayuran.

Kamu bisa menempatkannya pada wadah berongga agar airnya tiris. Hal ini untuk mencegah sayuran kamu mudah busuk.

Meal Prep Adalah Teknik Menyiapkan Makanan Dalam Jumlah Banyak

Tentukan menu

Kalau kamu lagi di rumah aja kayak sekarang, bisa menentukan mulai dari sarapan hingga makan malam dan juga camilan. Kalau lagi kerja, mungkin bisa siapin sarapan dan makan malam saja.

Buat yang gak mau repot, bisa sontek daftar menu mulai dari mingguan hingga bulanan di internet. Pilih menu yang sekiranya bisa kamu praktikkan di rumah.

Potong, cuci, dan bumbui semua bahan

Sudah kelar belanja, saatnya memotong seluruh bahan makanan. Untuk bahan makanan basah seperti ayam, ikan, tempe, tahu, kamu bisa memotong, mencucinya hingga bersih dan langsung merendamnya dalam bumbu. Sehingga saat diolah, bumbu sudah terserap sempurna. Kamu juga bisa menghemat waktu lebih banyak.

Untuk sayuran dan buah, kamu perlu mencucinya dengan bersih. Bisa rendam selama beberapa menit ke dalam air dan sedikit baking soda untuk membersihkan kotoran pada kulit buah. Khusus sayuran, bisa buang daun berwarna kuning dan siap dicuci dan dipotong.

Memasukkan ke dalam kotak

Tips ini berlaku untuk sayuran. Kamu sudah mencuci sekaligus mengeringkannya dengan sempurna, sekarang saatnya menyimpan di tempat yang tepat. Gunakan kotak kedap udara untuk menyimpannya. Alasi dengan tisu atau kertas penyerap kelembapan dan air agar menjaganya tetap kering. Cek secara berkala, jika ada daun yang menguning segera buang agar gak ‘menular’ pada yang lain. Cara ini bikin sayuranmu lebih awet.

Kalau sudah melakukan tips di atas, semoga kamu kan menambah volume sampah di bumi karena berhasil belanja sesuai kebutuhan. Dengan melakukan meal preparation kamu bisa menghemat waktu lebih banyak. Kalau mau masak, tinggal menambahkan bumbu saja. Mau coba?