Membuat Tas dari Bungkus Kopi, Bantu Kurangi Limbah Plastik

Membuat Tas dari Bungkus Kopi Bantu Kurangi Limbah Plastik

Membuat Tas dari Bungkus Kopi, Bantu Kurangi Limbah Plastik

Membuat Tas dari Bungkus Kopi, Bantu Kurangi Limbah Plastik – Membuat tas dari bungkus kopi ini merupakan ramah lingkungan. Sebab bisa membantu untuk mengurangi sampah plastik. Selain itu, tentu saja hasil dari kerajinan ini bisa kamu gunakan dan juga ramah lingkungan.

Alat dan bahan

1. Bungkus kopi instan.

Tentu saja untuk cara membuat tas dari bungkus kopi bahan utama yang diperlukan merupakan bungkus kopi instan.

2. Gunting.

Dalam cara membuat tas dari bungkus kopi tentu saja kamu memerlukan gunting. Selain digunakan untuk memotong bungkus kopi menjadi sejumlah bagian.

3. Penggaris.

Sebelum kamu memulai membuat sebuh tas dari bungkus kopi, kamu harus mengukur terlebih dahulu seberapa besar tas yang akan kamu buat.

4. Jarum dan benang.

Benang dan juga jarum nantinya berguna untuk menyatukan bungkus kopi satu dengan yang lainnya.

5. Kain furing.

Bila kamu tidak mempunyai kain furing, kamu dapat menggantinya dengan kain polos. Kain ini nantinya akan dipakai sebagai alas bagian dalam tas dari bungkus kopi ini.

6. Risleting.

Kamu bisa memakai risleting ukuran standar untuk tas daur ulang kamu. Pemakaian risleting pun bisa mempermudah kamu saat memakai tas dari bungkus kopi.

Cara membuat tas dari bungkus kopi

1. Ambil bungkus kopi instan sachet merek apa saja lalu gunting bagian atas dan juga bagian bawahnya.

2. Bersihkan bungkus kopi itu memakai air yang mengalir lalu keringkan.

3. Gunting bungkus kopi itu menjadi dua bagian sama rata. Sehingga dalam satu bungkus menjadi 2 buah potongan.

4. Kemudian lipat bungkus kopi itu dengan melipat 1 cm kebagian dalam pada ujung atas dan bawahnya, sehingga lebar lipatan menjadi 2 cm, kemudian anyam bungkus kopi tersebut menjadi berbentuk baling-baling.

5. Setelah seluruh anyaman baling-baling selesai kamu buat, maka kamu bisa menggabungkan anyaman-anyaman tersebut. Untuk menyatukan anyaman itu, pastikan untuk membuat sudut tegak vertikal.

6. Bila kerangka tas dari anyaman telah jadi, kamu hanya perlu merapikannya dengan menjahit pada bagian atas tas. Selain itu, ini dilakukan agar anyaman tersebut tidak mudah terlepas.

7. Lalu kamu bisa menambahkan kain furing ataupun kain polos pada bagian dalam tas. Usahakan kain yang digunakan tidak terlalu tipis. Satukan kain dengan tas dari bungkus kopi tersebut memakai jarum dan juga benang jahit.

8. Tambahkan risleting dan juga tali untuk mempercantik tas. Setelah bagian dalam tas dijahit dengan kain, maka kamu bisa menambahkan risleting pada tas ini.