Negara Paling Melek Literasi Dunia, Berikut Fakta Finlandia

Negara Paling Melek Literasi Dunia, Berikut Fakta Finlandia

Berikut Fakta Finlandia

Berikut Fakta FinlandiaFinlandia, negara bagian Eropa Utara ini memang dikenal dengan cuacanya yang sangat dingin lantaran dekat dengan Samudera Arktik. Selain dingin, negara beribu kota Helsinki ini juga masih didominasi oleh hutan dan danau yang mencapai 70 persen. Sementara, bangsa Finland hanya menduduki sekitar 30 persen saja dari luas total 338.440 km².

Baca juga : Daftar Oleh Oleh Khas Ambon Yang sangat sayang untuk kita dilewatkan

Dari mulai melek literasi hingga kehadiran matahari yang amat dinanti, inilah fakta menarik negara Finlandia.

Melek Literasi

Melansir dari dispatcheseurope.com, Central Connecticut State University melakukan penelitian pada 61 negara, Finlandia menduduki peringkat pertama paling melek huruf hingga minat baca tertinggi di dunia. Bahkan mengalahkan Amerika Serikat yang menduduki peringkat ketujuh.

Peneliti Central Connecticut State University (CCSU) yakni John W. Miller dan Michael C. McKenna mengungkapkan penelitian ini tidak hanya dinilai dari kemampuan baca saja, melainkan perilaku melek huruf, membaca koran hingga kemampuan anak-anak saat di sekolah.

Bahkan, negara seluas 338.440 km² ini memiliki banyak perpustakaan lho. Dari perpustakaan keliling hingga perpustakaan berbangunan megah yang bikin betah para pembaca.

Ministry of Education and Culture, Finlandia mencatat jika negara tersebut memiliki 140 perpustakaan keliling dan 738 perpustakaan yang berdiri dalam bangunan.

Negara Paling Bahagia di Dunia

Sustainable Solutions Solutions Network melakukan penelitian setiap tahunnya dengan tema World Happiness Report, yakni sebuah survei yang diperuntukkan bagi PBB. Dan pada Maret 2020 lalu, Finlandia untuk ketiga kalinya menduduki negara paling bahagia di dunia mengalahkan 155 negara lainnya, ungkap laman Forbes.

Penilaian ini ditimbang dari segi tingkat Produk Domestik Bruto (PDB), kedermawanan, harapan hidup, dukungan sosial, kebebasan hingga korupsi. Wah, apa resepnya ya agar bisa selalu bahagia seperti mereka?

Kebebasan Tahanan Saat Siang

Umumnya, seorang tahanan akan tetap mendekam di balik jeruji besi selama waktu yang telah ditetapkan. Lain hal dengan di Finlandia, lho.

Dilansir dari World Atlas, Finlandia menerapkan “penjara terbuka”, yang mana saat siang tahanan bebas melakukan kegiatan seperti bekerja, berbelanja, hingga belajar dan berkumpul bersama komunitasnya.

Sistem ini dianggap menghemat biaya. Namun kelemahannya banyak tahanan yang melarikan diri. Menurut laman yang sama, 1.084 jiwa dari 10.000 tahanan Finlandia berhasil melarikan diri.

Midnight Sun

Sebagai negara yang didominasi ikim subarktik, datangnya panas dari sinar matahari adalah hal yang paling ditunggu-tunggu. Antara bulan Juni, Juli, dan Agustus adalah waktu yang sangat berharga bagi masyarakat Finlandia dalam menikmati sang pusat tata surya.

Dalam rangka merayakan waktu tersebut, di kota Sodankylä, Lapland setiap tahunnya mengadakan Midnight Sun Film Festival, yakni menyaksikan film-film Internasional saat tengah malam yang diselenggarakan antara tanggal 12 hingga 16 Juni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *