Oleh-oleh Khas Jawa Timur

Oleh-oleh Khas Jawa Timur

Oleh-oleh Khas Jawa Timur

Oleh-oleh Khas Jawa Timur – Di zaman serba modern ini sudah banyak kue kekinian yang bermunculan dan terbilang populer. Meskipun begitu, jajanan tradisional tidak pernah lekang oleh waktu dan tetap diminati hingga sekarang.

Seperti di Jawa Timur, jika kamu sedang berkunjung kesana, kamu akan menemukan banyak jajanan tradisional. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak ragam kuliner mulai dari makanan, minuman, hingga jajanan tradisional yang banyak diburu oleh wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

Terdapat banyak jajanan tradisional yang enaknya tak kalah dari kue kekinian. Jajanan tradisional milik masyarakat Jawa Timur kebanyakan pasti menggunakan gula merah dan santan. Jajanan tradisional jawa timur tergolong memiliki rasa yang manis.

Hangatnya secangkir kopi masih kurang lengkap jika tidak ditemani oleh pendamping yang tepat, yaitu camilan sederhana namun enak kala disantap bersama.

Berikut ini terdapat sepuluh oleh-oleh khas Jawa Timur yang direkomendasikan sebagai camilan enak pendamping kopi hangat.

Bolu klemben

Bolu klemben memiliki bentuk mungil yang terbuat dari tepung dan telur.
Menggunakan cetakan khusus sehingga menghasilkan bentuk yang khas, bolu klemben punya tekstur pada dan lembut sehingga cocok dijadikan sebagai pendamping kopi.

Oleh-oleh ini cukup populer di berbagai wilayah Jawa Timur, khususnya Magetan.

Brownies tape

Selain prol dan pia tape, kamu perlu cicipi pula brownies tape yang lembutnya ambyar di lidah apalagi jika bertemu dengan secangkir kopi hangat.

Brownies tape terbuat dari bahan umumnya brownies, hanya saja terdapat tambahan tape singkong dan biasa dilengkapi pula dengan topping berupa meses atau keju parut.

Stik tahu

Sama seperti Sumedang di Jawa Barat, Kediri juga terkenal dengan olahan tahunya yang lezat seperti tahu kuning dan tahu pong. Sebab itulah, di sini terdapat olahan tahu lainnya yang jadi oleh-oleh khas Kediri juga yaitu stik tahu.

Meski renyah dan mempunyai rasa gurih, stik tahu cocok pula disandingkan sebagai camilan pendamping kopi hangat.

Madumongso

Karena sudah manis, madumongso enak dinikmati bersama secangkir kopi tanpa tambahan gula. Oleh-oleh yang identik dengan pembungkus kertas ragam warna ini berasal dari Ponorogo.

Madumongso memiliki tekstur kenyal seperti dodol karena terbuat dari campuran tape ketan dan santan.