Tips Belanja untuk yang Tinggal Sendiri

Tips Belanja untuk yang Tinggal Sendiri

Tips Belanja Saat Pandemik untuk yang Single dan Tinggal Sendiri

Tips Belanja untuk yang Tinggal Sendiri – Sebagai perantau yang tidak hidup seatap dengan orang tua, sudah menjadi keharusan bagi setiap anak kost untuk mengatur sendiri pengeluaran keuangan mereka. Apalagi di saat seperti ini, kita memang mau tidak mau harus mengencangkan ikat pinggang masing-masing.

Tapi, berhemat bukan berarti mengabaikan kebutuhan kan? Dengan beberapa trik berbelanja ala single ini, kamu tetap bisa ngirit tanpa mengorbankan kebutuhanmu. tequila-orendain.com akan membahas barangkali kalian yang berumah-tangga juga bisa menerapkannya!

Visioner terhadap apa yang kamu butuhkan untuk 2-3 bulan mendatang 

Coba kamu pikirkan, dalam 2-3 bulan mendatang kira-kira situasi pandemik ini akan seperti apa. Kamu bisa membaca prediksi para ahli yang dipublikasi lewat jurnal atau media. Kamu perlu mengira-ngira sendiri ke depannya situasi di negara kita, sekitarmu, dan dirimu sendiri seperti apa.

Dengan begitu, kamu akan tahu kebutuhan ke depannya. Dengan tahu yang kamu butuhkan, kamu bisa bersiap-siap mulai sekarang, untuk berjaga-jaga kelangkaan atau melambungnya harga barang.

Beli sesuatu yang multiguna dan sekalian dalam kemasan besar jika memungkinkan

Banyak lho produk yang multiguna, namun jarang kita sadari. Contohnya cuka putih dan baking soda. Kedua bahan tersebut dapat membersihkan berbagai macam permukaan dan aman.

Sebelum berbelanja, ada baiknya kamu browsing produk-produk atau merek yang multiguna, sekalian juga pikirkan bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam kreasi.

Jangan lupa sekalian beli dalam kemasan besar/jumlah banyak, asal sesuai kebutuhan (bukan menimbun) dan jika kamu punya anggaran. Dengan begitu, kamu juga tidak perlu keluar rumah lebih sering dan meminimalisir risiko.

Tentukan Batas Harga yang Boleh Dipakai Untuk Berbelanja

Prioritaskan anggaran untuk kesehatan dan pekerjaan 

Di saat ini, kebutuhan demi kesehatan tidak boleh dinegosiasikan dengan kebutuhan lain mana pun. Demi menghemat, kamu bisa memotong anggaran lain yang kurang urgensi demi stok sabun, vitamin, kebutuhan pokok, dan yang lainnya.

Anggaran yang bisa dipangkas adalah yang bisa dicari alternatifnya. Misalkan, jika kamu biasa membeli buku di tiap bulan, coba kali ini cari penyedia bacaan gratis.

Bukan cuma untuk kesehatan, kebutuhan untuk pekerjaan juga tidak bisa ditawar. Bagaimanapun, barang yang dibutuhkan untuk bekerja juga akan membantumu menyambung hidup. Namun, beli yang sesuai kebutuhanmu saja, tidak perlu membeli yang agak mewah atau berlebihan.

Coba cari subtitusi barang yang biasa kamu pakai tanpa mengabaikan kualitasnya 

Misalnya, kalau kamu biasanya menggunakan sampo atau sabun cair, kali ini kamu bisa menggantinya dengan yang batangan. Begitu pula dengan makanan atau minuman untuk dikonsumsi.

Sebetulnya banyak kok, produk yang tidak terlalu mahal dan sudah mampu mencukupi kebutuhan kita. Letak perbedaannya ada pada merek. Mungkin inilah saatnya kita menjajal lebih banyak produk lokal.

Belanja via kurir atau berbelanja saat kamu merasa sangat fit

Untuk mengurangi bepergian keluar rumah, jika budget sesuai dan memungkinkan usahakan belanja dengan memakai jasa kurir. Namun, bukan berarti dilarang sama sekali untuk keluar berbelanja.

Kamu masih diperbolehkan ke pasar atau supermarket dengan catatan, gunakan waktu secukupnya, dan patuhi aturan. Setelahnya kamu bisa mencuci bersih seluruh belanjaan yang mungkin dicuci dan segera mandi.

Itu dia beberapa tips berbelanja yang hemat plus aman. Selalu jaga kesehatan kalian ya!