Tips Jadi Pembeli yang Bijak  

Tips Jadi Pembeli yang Bijak

Belanja ‘Kalap’ Bukan Solusi, Ini Tips Jadi Pembeli yang Bijak

Tips Jadi Pembeli yang Bijak – Belanja bagi beberapa orang merupakan solusi yang tepat untuk menghilangkan stres. Namun jika dibiarkan pun tidak baik. Menuruti keinginan akan membuat kamu kehilangan kendali atas keuanganmu. Istilah work from home (WFH) kini semakin familiar di telinga masyarakat Indonesia. Semenjak kasus COVID-19 masuk ke tanah air.

Meski WFH ini menimbulkan pro dan kontra bagi para karyawan, tapi sebenarnya keputusan ini menguntungkan atau merugikan sih bagimu? Ada yang bilang untung karena jadi menghemat ongkos, tapi ada juga yang bilang rugi karena mau nggak mau, persediaan kebutuhan rumah pun jadi nggak boleh kosong demi bertahan di rumah.

Belanja jangan ‘bar-bar’ ya guys. Pokoknya selama kamu WFH, kamu harus paham poin ini sebelum belanja online.

Beli dalam jumlah yang wajar, jangan ‘kalap’

Iya paham kok, kamu panik ‘kan karena isu virus ini? Tapi coba yuk jadi pembeli yang bijak, caranya cukup dengan membeli barang sewajarnya. Jangan hanya karena panik, eh kamu jadi borong semua barangnya. Terus, yang lainnya nanti bagaimana nasibnya? Lebih toleransi dan berbagi ya!

Banyak yang murah sih, tapi cek dulu review tokonya

Di tengah harga yang mulai melambung, tapi percayalah masih ada kok produk dengan harga yang ‘masuk akal’. Tapi sekalinya ketemu barang dengan harga yang terjangkau di antara yang lain, jangan langsung beli. Cek dulu review tokonya ya, takutnya nanti barangnya malah zonk deh. Siapa tau foto dan produknya beda tuh!

Solusinya, kamu harus beli di eCommerce  yang sudah terpercaya ya seperti Lazada. Di sana, kamu bisa menemukan barang dengan harga terjangkau dan bisa dicek dulu deh sebelum membeli lewat fitur review. Tinggal pilih deh mau produk yang mana? Semua ada di Lazada!

Bedakan kebutuhan dengan keinginan

Sudah bisa membedakan dua hal ini? Ini jelas jauh berbeda ya! Sesuai dengan namanya, kebutuhan itu memang sangat kamu butuhkan, dan keinginan itu hanya ingin kamu punya. Jadi kalau nggak butuh-butuh banget, nggak perlu dibeli ya. Lebih hemat ‘kan sekarang? Jadi bisa beli kebutuhan yang lain deh kalau butuh dadakan.

Beli Sesuai Dengan Kebutuhan Bukan Keinginan

Kasih review yang jelas setelah membeli

Fitur review sangat membantumu ‘kan sebelum membeli barangnya? Jangan enaknya terus dong, kamu juga harus ‘berterima kasih’ dengan membantu mereka lewat review produk yang sudah kamu beli. Tapi review-nya yang jelas alias nggak template, ini berguna untuk calon pembeli selanjutnya sebagai pertimbangan mereka.

Jangan langsung beli, bandingkan harga dulu ya

Enaknya belanja di toko online, kamu bisa compare harga untuk produk yang sama. Kalau ada yang lebih murah, kenapa harus yang mahal? Tapi jangan sampai terkecoh juga ya, karena nggak selamanya produk murah itu yang paling bagus. Tinggal disesuaikan deh dengan budget-mu.

Catat waktu-waktu ‘emas’

Setiap eCommerce pasti punya waktu ‘emas’ untuk semua produk yang terpampang di platform-ya. Cuma Lazada nih yang kasih kamu kemudahan selama social distancing ini. Kenapa? Soalnya, Lazada akan memanjakan kamu hai para pembeli yang bijak dengan menjadi eCommerce pertama yang mengenalkan konsep Shoppertainment. Konsep ini memberikan pengalaman belanja yang memungkinkan semua konsumen untuk mengakses aplikasi.

Pilih toko online yang benar-benar terpercaya

Barang murah, foto produk bagus, eh langsung check out. Tahan dulu dong, jangan ‘gercep’ gitu! Cek lagi tuh rating tokonya, apakah bagus atau sebaliknya. Rating nggak akan pernah membohongi kualitas, jadi mulai teliti lagi ya mulai sekarang.

Tapi selama kamu belanja online di Lazada sih, nggak perlu khawatir lagi. Sebab, semua sellers di Lazada sudah dijaga dengan baik oleh Lazada. Kalau kamu mau yang lebih aman lagi, pilih yang star sellers aja ya guys! Oh ya, kamu juga bisa tanya-tanya langsung dengan owner-nya lho dengan fitur chat. Jadi, amanlah!

Pastikan semua kebutuhanmu ada dalam satu toko yang sama

Kalau yang satu ini untuk menghemat waktu, sebab pembeli yang bijak harusnya bisa nih untuk membaca situasi seperti saat ini. Kalau ada yang menyediakan semua kebutuhanmu di satu toko saja, kenapa harus cari lagi di toko sebelah? Ini jauh lebih efektif lho!